OLEH-OLEH DODOL NANAS SUBANG

8:39 AM



Sentra Dodol Nenas dan Makanan Sejenis Keripik
Desa Tambakan Kecamatan Jalancagak yang menjadi salah satu wilayah binaan (sentra binaan) TPL – IKM Program Beasiswa merupakan daerah yang penduduknya berpropesi sebagai petani, pekebun dan pelaku industri kecil menengah (home industri). Dimana para pelaku IKM di desa tambakan ini pengusahanya di
dominasi oleh kaum ibu – ibu yang latar belakang pendidikannya adalah lulusan SD, SMP dan SMA.Keterampilan ibu – ibu (para pelaku IKM Desa Tambakan) ini diperoleh dari hasil pelatihan yang diadakan oleh Disperindagsar Kabupaten Subang dengan jenis pelatihan pengolahan buah nanas menjadi dodol, krupuk dan wajit nanas, serta aneka produk jenis olahan lainnya. Oleh karena itu di dalam pelaksanaan usahanya para pelaku IKM ini perlu banyak pembinaan baik dari segi manajemen usaha, teknik dan desain pengemasan,  kegiatan promosi, penentuan segmentasi pasar dan teknik pemasaran serta pembinaan dan pemberian aksesibilitas permodalan dari berbagai sumber permodalan untuk mendukung kegiatan usahanya baik dari pihak perbankan maupun pemerintah. Dan juga memanfaatkan failitas yang disediakan pemerintah secara optimal terkait dengan kegiatan usahanya.
Adapun jenis – jenis produk IKM yang banyak diproduksi oleh para pelaku IKM Desa Tambakan adalah aneka olahan nanas, singkong dan pisang  seperti dodol pisang, dodol nenas, wajit nanas, keripik singkong aneka rasa, keripik pisang, sele gulung unyil, manisan papaya, dan sele pisang. Para pelaku IKM Desa Tambakan termasuk IKM pemula mengingat sebagian besar usahanya dimulai pada tahun 2009, meskipun demikian IKM Desa Tambakan mempunyai potensi untuk berkembang mengingat lokasi usaha berada di jalur pariwisata Ciater dan Tangkuban Perahu dan dekat dengan lokasi sumber bahan baku khususnya Nanas, Pisang dan Singkong.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments