cara memperbaiki /mengatasi laptop mati sendiri atau matot tidak tampil

7:11 AM

LAPtop atau notebook mati dengan sendirinya.atau mendadak mati total.atau laptop tidak tampil berikut langkah penegecekan yang dapat kita lakukan

1. RAM Bermasalah

Ram merupakan posisi yang cukup penting dalam sebuat komputer/laptop yaitu tempat penyimpanan sementara data, jika RAM nya bermasalah maka program tidak akan berjalan sebagai mana mestinya. Kadang-kadang setiap laptop berbeda permasalahnnya, mungkin penyebab laptop mati permasalahannya berada di RAM. Jika sobat tahu tentang dalaman laptop, coba bongkar dalaman laptop kemudian ambil RAM nya tersebut, bersihkan temabaga RAM nya tersebut dengan Penghapus . Cukup dengan berishkan perlahan-lahan tembaganya dengan penghapus, lihat perbedaannya, tembaga ram akan menjadi lebih bersih. Kemudian tancapkan lagi dan jalankan, semoga laptop tidak mati sendiri lagi.

2. Banyak Kotoran dan Debu di dalam Laptop

Masalah ini sangat sepele tapi berakibat fatal pada laptop sobat, laptop bisa mati sendiri, overheat alias kapanasan. Jika sobat bisa membongkar laptop/komputer, bersihkan laptop tersebut dengan kuas, terutama di bagian kipas dalam dan saluran pembuangan udara. Biasanya, laptop sobat bermasalah mati sendiri akibat tersumbatnya saluran udara dan kipas dalam, sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.


3. Pasta Prosesor Kering


Nah..ini dia yang sering terjadi jika laptop sobat sudah berumur lama, pasta prosesor akan menjadi kering, akibatnya panas pada prosesor tidak tersalurkan ke pembuangan akhir dan laptop akan mati sendiri. Solusinya, jika sobat tahu tempat dimana letak prosesor tersebut, buka tempatnya, kemudian oleskan Pasta Prosesor secara merata. Jika sobat tidak tahu tempatnya, jangan sekali-kali membuka tempat prosesor tersebut. Harga pasta prosesor relatif murah, bisa didapatkan di toko-toko komputer terdekat.


4. Sistem Operasi Bermasalah

Untuk yang satu ini sobat gga perlu hawatir, tinggal install ulang saja laptop sobat dengan sistem operasi yang baru, sesuaikan juga dengan spesifikasi laptop sobat.  Penyebabnya bisa saja ada program yang crash, sering terjadi restart ulang pada laptop.

5. Mainboard Rusak

Nah..kalo masalah yang satu ini susah untuk ditanggulangi, jika penyebab pertama sampai ke empat sudah dilakukan dan tidak ada solusinya, maka sobat coba bawa ke tukang service untuk mengeceknya kembali. Biasanya mainboard bermasalah akibat umur laptop sudah lama dan laptop sering dipakai terus-terusan. Ganti mainboard dan membeli laptop baru harganya tidak terlalu jauh, sobat harus pikir-pikir lagi untuk mengganti hardware yang satu ini.
Oh iya sobat satu lagi, jangan lupa memakai Cooling Pad saat memakai komputer/laptop, biar laptop tetap terjaga suhunya
 
 tak lupa kalo di on masih blang tapi keadaan sudah dibersihkan masih saja tidak ada perubahan coba gunakan lcd atau monitor pc untuk mengecek keadaan lcd nya .apabila yang terkena adalah lcdnya bisa dilihat di postingan ini


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments