cara mengatasi memoerbaiki laptop matot /mati total

1:19 AM

Cara Service Laptop Mati Total

Service laptop mati total yang tidak ada tanda tanda kehidupan.
1. Laptop tidak bisa di charge, jika tetap di charge maka lampu indikator pada Charger akan mati
2. Laptop tidak merespon jika tombol powernya di tekan

3. Kematian laptop tidak diakibatkan oleh benturan atau terjatuh
4. Kematian Laptop tidak disebabkan Laptop kena air, misalnya kehujanan
Jika Laptop anda mati total dengan kondisi sebagimana disebutkan diatas maka cara memperbaikinya adalah sebagai berikut,di sini laptop yang kita perbaiki adalah Acer, namun bisa diterapkan pada semua jenis laptop :
1. Sebelum sebelum memulai job ini syarat penting yang wajib dimiliki adalah anda harus bisa menggunakan solder dan harus punya keberanian untuk membungkar total laptop
2. Lepas battery laptop
3. Bungkar total laptop, biasanya dimulai dari keyboard. Jangan lupa melepas semua perangkat input termasuk hard disk, DVD room, wireless, modem dll.
4. Angkat mainboard laptop dari kesingnya.
5. Siapkan AVO meter untuk pengecheck-an dan segera panaskan Solder
6. Check konektor charger pada mainboard, hubungkan probe merah AVO meter pada kabel merah ( + ) dan probe hitam pada kabel hitam ( – ). Posisi selector AVO meter pada Ohm meter. Jika AVO meter menunjukkan adanya short circuit maka ini menunjukkan ada komponen yang rusak ( short ).
7. Untuk mencari komponen yang rusak mulailah dari IC power, lihat gambar dibawahic maderboard rusak 300x139 Cara Service Laptop Mati Total maderboard rusak Copy 300x225 Cara Service Laptop Mati Total
Ciri-ciri IC power yang rusak bisa dilihat menggunakan AVO meter, jika jarum AVO meter mentok ke kanan ( posisi probe di bolak balik pada kedua sisi kaki IC yang dijumper, 4 kaki pada satu sisi dan tiga kaki pada sisi yang lain ) maka IC power rusak, atau jarum AVO meter diam saja juga menunjukkan IC rusak
8. Jika ada IC power yang rusak maka ganti dengan yang normal, bisa diambil dari laptop yang lain atau bisa beli yang baru, browse di google untuk mendapatkannya
9. Jika semua IC power normal maka lanjutkan pengecheckan
10. Cari skema laptop sesuai dengan type laptop anda, browse di google untuk mendapatkannya, anda bisa download gratis di beberapa situs yang menyediakan skema laptop gratis.
11. Jika anda bisa mendapatkan skemanya maka cari jalur B+ atau pada beberapa skema munggunakan kode Vin atau V+ atau kode lain yang sejenis yang maksudnya adalah jalur sumber tegangan utama. Untuk menemukan jalur ini kamu bisa meng-urutkan mulai dari jek charger, setelah melewati ic power itu biasanya langsung masuk jalur B+. Setelah B+ ditemukan check menggunakan AVO meter untuk memastikan bahwa jalur B+ short circuit.
12. Pisahkan jalur B+ dengan jalur komponen yang lain satu persatu sambil di check menggunakan AVO meter untuk memetakkan jalur yang short circuit. Caranya adalah putuskan jumperan yang menghubungkan B+ ke komponen yang lain, kode jumperan ini adalah J… ( J1, J2 dst. ). Pada beberapa jenis motherboard jumperan ini tidak ada, maka kamu harus lebih teliti dalam melanjutkan pengecekan.
13. Setelah jalur B+ dipisahkan dari jalur lanjutan maka check menggunakan AVO meter, maka kita akan menemukan block rangkain yang short circuit. Dan lanjutkan untuk mencari komponen yang rusak pada block yang telah kita temukan.
14. Biasanya dalam kasus seperti ini ada sebuah komponen capacitor ( kapasitor ) yang rusak, konslet, sehingga menghubungkan jalur B+ ke ground. Lihat gambar dibawahgambar maderboard rusak 300x225 Cara Service Laptop Mati Total
15. Cari kapasitor yang short ( rusak ), lepas kapasitor yang anda curigai dan check menggunakan AVO meter, jika sudah ditemukan segera ganti dengan kapasitor yang lain, yang normal.
Cara memperbaiki laptop mati total ini bermanfaat

sumber : http://www.rizqicomputer.net/cara-service-laptop-mati-total/

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

1 comment

Selamat mala malam min. Sebelumnya maaf. Tapi boleh minta informasi kontaknya gak ya. Soalnya mau tanya 2 nih min. Thx

Balas